UPT LPKK Universitas Negeri Padang

Unit Pelaksana Teknis Layanan Pengembangan Karier & Kewirausahaan UNP
Tuesday, 22 Oct 2024

Bagaimana Menjaga Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan ?

Berita Umum | 10 Nopember 2020 00:00 wib Tidak dapat dipungkiri bahwa kepuasan dan loyalitas pelanggan merupakan salah satu yang paling penting dan tidak bisa di abaikan. Jangan merasa puas saat kamu berhasil melakukan penjualan. Hal yang penting justru terjadi setelahnya, yaitu bagaimana kamu menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan sehingga mereka akan kembali ke toko kamu atau menyukai produk kamu.

Walaupun terdengar cukup menantang, akan tetapi banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga loyalitas dan kepuasan pelanggan. Cara-cara tersebut juga tidak selalu seputar strategi pemasaran. Ini beberapa tips di antaranya sebagai berikut :

1.      Follow up pelanggan setelah pembelian

Tunjukkan bahwa kamu memang peduli terhadap pelanggan dengan tidak mengabaikan mereka. Misalnya, kamu bisa mengirimkan email kepada pelanggan, lalu meminta mereka untuk memberikan rating terhadap produk dan layanan kamu atau juga bisa cukup mengirimkan email berisi ucapan terima kasih atas kepercayaan pelanggan kepada kamu.

2.      Menggunakan sistem poin sederhana

Cara lain yang paling sering digunakan di kalangan pelaku bisnis untuk menjaga kepuasan pelanggan adalah dengan mengadakan loyalty program. Mereka menerapkan sistem poin sederhana pada program ini. Jadi, ketika pelanggan membeli produk kamu dalam nilai tertentu, mereka akan mendapatkan poin. Poin yang terkumpul nantinya bisa pelanggan tukarkan dengan berbagai reward menarik seperti diskon atau freebies.

3.      Beri tahu sejak awal jika ada biaya tertentu

Bagi kamu yang memiliki bisnis toko online melalui website, kamu pasti pernah menemui pelanggan yang tidak jadi melakukan pembelian padahal mereka sudah men-submit barang-barang ke dalam cart. Kejadian seperti ini disebut juga sebagai cart abandonment.

Hal ini disebabkan oleh adanya biaya tambahan seperti pajak dan shipping fee yang membuat pelanggan harus membayar lebih mahal. Jika hal ini terjadi pada kamu, kamu dapat meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan dengan Cara memberi tahu pelanggan tentang biaya tersebut sejak awal.

4.      Kerja sama dengan perusahaan lain untuk memberi keuntungan lebih

Tips satu ini juga bisa disebut dengan strategic partnership. Strategic partnership bisa menjadi sangat efektif untuk mempertahankan pelanggan dan menjaga loyalitas mereka. Dengan bekerja sama dengan perusahaan lain, kamu pun bisa memberi keuntungan lebih yang mungkin tak bisa kamu berikan jika bekerja sendiri. Tentunya kamu harus memilih perusahaan yang cocok dengan bisnis Anda.

5.      Mempermudah transaksi dan pembayaran

Menjaga kepuasan pelanggan bias juga dilakukan dengan menyediakan proses transaksi dan pembayaran yang mudah. Proses transaksi pembayaran yang mudah tentu dapat meningkatkan kenyamanan dan pengalaman positif pelanggan terhadap bisnis kamu. Loyalitas mereka pun bisa meningkat dengan sendirinya.

Pelanggan merupakan kunci terpenting dalam menajalankan bisnis kamu. Jadi, sudah seharusnya kamu menjaga kepuasan dan loyalitas mereka agar mereka memiliki pengalaman menyenangkan dengan bisnis kamu.

Dilihat 2375 kali
Link