UPT LPKK Universitas Negeri Padang

Unit Pelaksana Teknis Layanan Pengembangan Karier & Kewirausahaan UNP
Tuesday, 22 Oct 2024

Tips Dalam Memilih Supplier Terbaik Untuk Usaha

Berita Umum | 02 Nopember 2020 00:00 wib Apapun jenis bisnis yang kamu jalankan, baik online maupun offline, seringkali proses produksi terhambat sebab tidak semua bahan baku kamu bias di penuhi sendiri. Tentu saja, keberadaan supplier bisnis sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha yang kamu jalankan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjalin kerja sama, sebaiknya kamu kembali memperhatikan beberapa faktor penting dalam memilih supplier bisnis. Berikut dibawah ini beberapa faktor penting dalam memilih supplier :

Kualitas

Bisnis yang kamu jalankan diharapkan bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Kualitas bahan baku yang akan dijual kembali akan menjadi taruhan utamanya. Pelanggan akan kembali melakukan pembelian kedua hanya ketika mereka merasa puas dengan kualitas yang didapatkan di pembelian pertamanya.

Dalam hal memilih supplier bahan baku ataupun barang jadi yang akan kamu jual kembali untuk memenuhi order dari para pelanggan, kualitas harus dijadikan dasar pengukuran dalam memilih supplier bisnis.

Track Record Supplier

Jangan terburu-buru dalam memilih supplier yang terbai. Cobalah lebih cermat dalam mencari sumber-sumber informasi terkait supplier bisnis dari forum jual beli, komunitas, marketplace, dan lain sebagainya. Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui kredibilitas supplier tersebut yaitu dengan melihat track record para pembeli yang pernah bertransaksi dengan supplier tersebut.

Kemampuan Supplier

Sangat penting untuk kamu memperhitungkan kembali kemampuan supplier dalam memenuhi pesanan. Pasalnya, beberapa supplier mengaku sanggup menyelesaikan order yang dipesan, ternyata pada akhirnya mereka tidak sanggup menyelesaikannya dengan tuntas. Dengan demikian, pilihlah supplier bisnis yang mampu menyelesaikan dengan ketepatan waktu yang dapat dipertanggungjawabkan.

Konsistensi Supplier

Pastikan kamu memilih supplier yang memiliki konsistensi kemampuan dalam memberikan supply pada usaha anda. Apabila di tengah jalan supplier tersebut tidak mampu mengirimkan bahan baku yang kamu butuhkan, tentu saja kredibilitas bisnis kamu turut dipertaruhkan.

Mintalah Produk Sampel

Jika kamu masih ragu atas kualitas serta kuantitas yang dapat dipenuhi oleh supplier tujuan, sebaiknya meminta produk sampel untuk masing-masing kategori bahan baku ataupun barang jadi. Hal ini dapat meyakinkan kamu untuk membuat keputusan lebih lanjut. Jangan ragu untuk kembali mengecek kualitas produk pada pesanan berikutnya.

Kebijakan Pengembalian Produk

Dalam menjalankan kerjasama dengan supplier, kamu perlu mempelajari detail kebijakan pengembalian produk yang berlaku. Dalam beberapa kasus, pengembalian produk terjadi karena bahan atau barang yang dikirimkan supplier memiliki kerusakan atau cacat. Jadi kamu wajib mengetahui kebijakan yang diberlakukan ini sebelum akhirnya melakukan transaksi.

Pilih Supplier Cepat Tanggap

Setelah mengantongi segala informasi kontak yang dibutuhkan, kamu dapat melakukan tes sederhana terkait layanan dari supplier tersebut. silahkan uji coba order dalam jumlah kecil. Setelah itu lihat sebaik apa layanan yang diberikan, secepat apa respon mereka saat dihubungi pelanggan, dan bagaimana cara mereka menangani keluhan pelanggan. Sehingga apabila dibutuhkan sewaktu-waktu mereka dapat diandalkan.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam memilih supplier terbaik untuk bisnis kamu. Pastikan untuk selalu memperhitungkan stok barang dengan cermat agar tidak sampai kehabisan.
Dilihat 1450 kali
Link