UPT PKK Universitas Negeri Padang

Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir & Kewirausahaan UNP
Tuesday, 14 May 2024

Siap Membangun Bisnis Modal Kecil Untung Besar Ala Bob Sadino

Berita Umum | 31 Oktober 2020 00:00 wib “Bisnis itu cuma modal dengkul. Bahkan jika kamu gak punya dengkul, pinjam punya orang lain.” Secara tidak langsung, ucapan ini menandakan kalau bisnis dengan modal berapa aja dan bahkan kecil pun pasti bisa menguntungkan asalkan kamu siap dan serius dalam menjalankannya.

Semua tentu tahu dong, almarhum Bob Sadino emang selalu jadi panutan siapa aja dalam berbisnis. Pria yang nama aslinya adalah Bambang Mustari Sadino ini merupakan contoh nyata seseorang yang keluar dari zona nyaman dan memulai bisnis dari nol. Bob Sadino memberikan tips bagi yang pengin punya bisnis atau usaha modal kecil untung besar.

Berikut ini 9 tips usaha modal kecil untung besar ala Bob Sadino

1. Pilih bisnis yang kamu kuasai buat memulai usaha modal kecil untung besar

Ketika bidang usaha itu udah kamu pahami, itu berarti kamu gak bakal repot-repot lagi dalam melakukan riset. Kamu udah tahu produknya seperti apa, keunggulan dan kekurangannya gimana, dan siapa yang jadi pasarnya.

Tanpa butuh waktu lama, kamu pasti bisa mengeksekusi bisnis ini. Dan kamu juga bisa lebih mudah dalam melakukan analisis laba rugi buat masa depan.

2. Beri tahu bisnismu ke teman-teman

Buat bisnismu beken di kalangan teman-teman. Kenapa teman-teman dulu? Soalnya kalau teman-temanmu tahu kamu punya usaha, ada dua kemungkinan yang bakal terjadi: pertama adalah dia bisa jadi calon pelangganmu, dan yang kedua dia bisa jadi mitra bisnismu.

3. Jangan gunakan pihak ketiga buat promosi

Ini erat kaitannya sama aktivitas marketing. Jangan sampai terjebak menggunakan jasa dari pihak ketiga buat melancarkan strategi promosi. Apa maksudnya pihak ketiga? Pihak ketiga bisa dikatakan sebagai agency atau konsultan.

Ketika kamu memutuskan buat menggunakan jasa mereka, otomatis bakal ada biaya yang kamu keluaran bukan? Semurah-murahnya jasa mereka, tentu lebih murah lagi kalau kamu sendiri yang merancang strategi promosinya

4. Buatlah prioritas

Ketika kamu gak bikin prioritas, maka kondisi keuangan makin berantakan. Misalnya, karena gak pernah menganggarkan biaya, aktivitas promosi mungkin jadi gak terkontrol. Semua kegiatan disponsorin, buka booth di sana-sini, pokoknya atas nama “promosi” biar produkmu terkenal.

Lama-kelamaan, segala dana yang dialokasikan buat promosi gak pernah menghasilkan returns yang signifikan. Dan sebagai pemilik bisnis, kamu malah merugi.

5. Jangan buru-buru meminjam uang ke bank

Bob Sadino menyarankan biar kamu mengajak saudara atau teman buat berinvestasi di bisnismu. Ketika bisnis itu udah menguntungkan, jangan lupa buat membaginya dengan mereka.

Dengan mekanisme ini, sama aja dengan memberikan mereka saham buat usahamu. Gak nutup kemungkinan, jika sewaktu-waktu bisnismu laris, maka mereka berani berinvestasi dengan dana yang lebih besar lagi. Waah makin keren aja nih

6. Gunakan media sosial

Pebisnis zaman sekarang tentu wajib punya media sosial. Karena hal ini bisa jadi senjata ampuh buat promosiin usaha kamu yang punya modal kecil. Tapi dalam penggunaannya, medsos juga gak boleh asal-asalan ya. Gak bisa tuh kamu asal tag, asal add, atau asal invite atas dasar promosi. Ujung-ujungnya, akun bisnismu malah diblokir nanti.

7. Modal pas-pasan + usaha keras = memuaskan

Ini sederhana banget, tapi sulit di terapkan. Sebagai pengusaha dengan bisnis modal kecil, kamu harus tanamkan prinsip modal pas-pasan + kerja keras = memuaskan.

Maksudnya adalah tidak ada cara lain buat meraup keuntungan besar tanpa kerja keras. Bagaimana bisa om Bob membangun sebuah raksasa bisnis yang awalnya modal kecil dan bahkan saat dia mengalami musibah? Itu bisa terealisasi karena kerja keras.

8. Jangan bosan!

Bisnis emang gak selamanya berjalan mulus dan untung terus. Bisnis ibarat roda yang berputar, kadang kamu ada di atas dan kadang ada kalanya kamu di bawah. Jangan menyerah ketika kamu diterjang masalah, apalagi sampai pindah ke usaha lain. Coba fokus dan cari terobosan buat menghadapi masalah itu.

9. Sabar

Apa pun bisnisnya, kamu harus sabar dalam menjalaninya. Apalagi jika kamu ingin menciptakan usaha modal kecil untung besar.

Membangun bisnis itu ibarat bangun rumah. Ketika ingin mendirikan rumah, kamu harus buat fondasinya terlebih dahulu agar bangunannya kokoh. Sama halnya dengan bisnis, Apakah bisnisnya Bob Sadino yang Kemchick itu langsung jadi sekejap mata? Tentu saja tidak.

Nah sekarang kamu sudah siap untuk kerja keras demi mewujudkan bisnis modal kecil untung besar? Jika memang kamu siap, selalu ingat sama sembilan tips untuk memulai bisnis atau usaha modal kecil yang untung besar dari Bob Sadino di atas.
Dilihat 1020 kali
Link