UPT PKK Universitas Negeri Padang

Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir & Kewirausahaan UNP
Tuesday, 14 May 2024

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat COVID-19 Agar Tidak Tertular

Berita Umum | 26 Oktober 2020 08:13 wib Penyakit virus corona 2019 (COVID-19) yang bermula di Wuhan akhir tahun lalu kini sudah menyebar ke banyak negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi karena penyakit ini telah menyebar ke lebih dari separuh negara di dunia.

Ciri-ciri virus corona Covid-19

Virus corona juga dapat menyebar secara tidak langsung melalui benda-benda yang tercemar virus akibat percikan atau sentuhan tangan yang tercemar virus. Virus corona bisa tertinggal di permukaan benda-benda dan memiliki daya tahan berjam-berjam hingga beberapa hari.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal Of Hospital Infection Februari 2020, virus corona bisa bertahan di beberapa tempat dalam waktu berikut:

·         Di udara =  3 jam

·         Tembaga dan aluminium = 3-4 jam

·         Sarung tangan operasi atau medis = 8 jam

·         Kertas karton atau kardus = 24 jam

·         Besi, baja, dan plastik = 2 – 3 hari

·         Kayu dan kaca= 4 hari

·         Kertas = 4-5 hari

·         Bahkan, dalam sejumlah kasus, virus ini bisa bertahan sampai 5 hari.

Meski memiliki daya tahan hingga berhari-hari, virus corona juga bisa dimatikan dengan Cara :

1.      Dengan menyemprotkan desinfektan ke permukaan barang-benda yang berpotensi tertempel virus corona.

2.      Dengan membersihkan permukaan benda menggunakan sabun, termasuk saat mandi dan cuci tangan.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Virus Corona Agar Tidak Tertular

Dengan mengenal karakteristik virus corona di atas, maka ada sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan agar tidak tertular COVID-19 yaitu dengan cara :

Dari diri sendiri

1.      Mencuci tangan

Sering-seringlah cuci tangan dengan sabun, seperti sebelum makan, setelah batuk atau bersin, setelah memegang barang di tempat umum seperti pegangan pintu, tangga, dll. Kamu juga perlu cuci tangan setelah dari luar rumah. Mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau covid-19 paling efektif untuk mencegah penyebaran atau penularan virus ini.

2.      Siapkan handsanitizer Pribadi

Jika tidak ada tempat untuk cuci tangan, kamu bisa menggantikannya dengan hand sanitizer. WHO merekomendasikan masyarakat menggunakan handsanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%. Sebab, handsanitizer dengan kandungan 60% atau lebih bisa membunuh virus COVID-19 yang punya ukuran cukup besar, yakni 400-500 mikrometer. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa sebotol kecil hand sanitizer dengan alkohol 60% atau lebih saat bepergian.

3.      Jangan sentuh wajah

WHO menyebutkan virus corona bisa masuk ke tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan mata. Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona, kamu harus berlatih untuk mendiamkan tangan agar tidak menyentuh wajah selama minimal satu menit. Jika sudah berhasil, tambahkan menjadi 5 menit, dan latih terus, sehingga kamu bisa benar-benar meminimalkan kebiasaan sentuh wajah.

4.      Konsumsi makanan bergizi

Minum vitamin atau suplemen bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah paparan virus corona. Namun para ahli gizi sepakat, kita lebih baik mendapatkan vitamin dan mineral secara langsung dari sumbernya daripada konsumsi dari obat atau cairan olahan. Vitamin C berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena bisa memacu produksi sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi.

5.      Jaga kebersihan lingkungan

Membersihkan rumah dan sekitar meja kerja di kantor bisa meminimalkan paparan virus. Gunakan disinfektan untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keyboar dan mouse, alat dapur, sakelar lampur, gagang laci, pegangan tangga.

6.      alat makan sendiri

Bawalah selalu alat makan sendiri. Pastikan alat makan dicuci dengan sabun hingga bersih. Karena virus corona memiliki daya tahan yang kuat di permukaan logam. Pastikan jangan sampai terjadi penggunaan alat makan bersama-sama. Karena virus corona bisa menyebar lewat percikan air liur yang menempel di sendok.

Ketika berada di tempat umum

    Selain dari upaya diri sendiri, kamu juga harus melakukan beberapa hal berikut ini sebagai cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau Covid-19 di tempat umum. Berikut Penjelasannya :

1.       Tidak melakukan kontak fisik

Virus corona bisa menyebar hanya dengan bersalaman. Hindari bersalaman, ganti dengan salam namaste atau menaruh tangan di dada.

2.       Social distancing (Menjaga Jarak)

Cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona bisa dapat kamu lakukan dengan menjaga jarak dengan orang lain saat beraktivitas bersama, minimal 1 meter. Sangat disarankan untuk tidak pergi ke luar rumah apabila kamu sedang merasa sakit atau kurang sehat. Ini bisa membahayakan karena bisa jadi kamu menularkan penyakit pada orang lain.

3.       Menghindari transportasi umum

Jika memang harus untuk bepergian, sangat tidak disarankan menggunakan transportasi umum. Karena di transportasi umum banyak orang saling berbaur. Tak jarang, malah sesama penumpang transportasi umum berdesak-desakan, sehingga rawan terjadi penularan virus corona.

4.       Membersihkan meja saat akan duduk di restoran

Jangan asal duduk dan meletakkan kedua tangan di meja saat tiba di restoran. Bersihkan dulu meja menggunakan tisu kering dan tisu basah yang mengandung alkohol minimal 60%. Karena kamu tidak tahu siapa yang sudah menggunakan meja itu.

Dilihat 1294 kali
Link