UPT LPKK Universitas Negeri Padang

Unit Pelaksana Teknis Layanan Pengembangan Karier & Kewirausahaan UNP
Tuesday, 22 Oct 2024

7 Manfaat Digital Marketing pada Bisnis Anda

Berita Umum | 21 Oktober 2020 00:00 wib Pada saat pandemic COVID-19 salah satu cara memasarkan produk paling efektif adalah dengan cara Digital Marketing. Setiap bisnis, usaha, dari tingkat ukm hingga perusahaan pasti melakukan pemasaran atau marketing. Tujuannya untuk meningkatkan penjualan, jumlah konsumen dan menghadapi persaingan. Sebenarnya digital marketing tidak lain adalah teknik marketing menggunakan media digital yang paling efektif dan efisien saat ini, apalagi di saat pandemik seperti ini

Bisnis yang sukses selalu memberi pelayanan yang terbaik kepada konsumen, berusaha meningkatkan pemasaran dengan meraih perhatian, pembelian dan loyalitas.

1.       Media Digital lebih disukai oleh konsumen Millenial

Sekarang konsumen lebih suka melihat-lihat di website atau Instagram karena lebih praktis. Ini di karenakan sebelum memutuskan membeli, konsumen bisa kapan saja mengecek produk di website terlebih dahulu kemudian baru membeli, baik datang langsung ke toko atau shoping online.

Dengan katalog produk yang ditampilkan di website, akan sangat membantu konsumen untuk melihat produk tanpa harus datang ke toko. Jika tertarik mereka akan datang ke took atau memesan secara online untuk membeli.

2.       Memberikan kemudahan informasi pada konsumen

Ini adalalh salah satu cara paling sering dilakukan oleh konsumen. Misalkan mereka ingin membeli sebuah produk maka mereka akan searching di mesin pencari kata kunci produk yang mereka cari.

Ketika mereka ketik kata kuncinya di mesin pencari, maka mesin pencari akan merekomendasikan toko yang berhubungan. Maka konsumen akan mengecek lokasi terdekat dari tempat tinggalnya, dan mengecek produk yang dia cari ada di toko tersebut.

Dari sini menunjukkan eksistensi digital sangat bermanfaat sebagai sumber informasi

3.       Memberikan waktu pada konsumen

Maksudnya disini adalah jika konsumen belum punya waktu luang untuk datang ke outlet. Tetapi dengan mempunyai media digital seperti: website, marketplace, dan sosial media, konsumen akan sangat mudah melihat produk yang dinginkan.

Melengkapi semua media digital agar bisa memberikan banyak pilihan kepada konsumen, dengan apa mereka melirik produk. Jadi mereka akan sangat leluasa tanpa terbatas waktu dan tempat untuk melihat dahulu sebalum akhirnya membeli.

4.       Toko seperti aktif 24 jam setiap hari

Media digital internet tidak terbatas waktu dan tempat. Customer dan calon customer selalu bisa mengakses media digital untuk melihat produk kapan saja mereka mau. Mereka bisa kapan saja melihat website toko online, toko di marketplace atau di Instagram. Hal ini tidak mungkin pada toko offline yang jika malam hari pasti sudah tutup.

Dan kamu bias lebih tenang saat istrihat di malam hari tanpa ada gangguan konsumen yang hanya sekedar bertanya harga produk kamu.

5.       Konsumen Anda tidak terbatas dengan jarak

Masalah yang sering kita temukan yaitu jika toko anda ada di kota A tetapi calon pembeli ada di Kota B yang mempunyau jarak ribuan kilometer, tentu saja mereka akan berpikir-pikir jika harus ke kota A karena mungkin jaraknya terlalu jauh dan memakan biaya tambahan. Dengan adanya media digital meraka bisa order dengan nyaman dari kantor atau rumahnya dan dimana saja mereka berada.

Apalagi sekarang lebih mudah dengan banyaknya kurir pengiriman, sehingga mereka tidak terlalu memikirkan jarak.

6.       Banyak pilihan media digital

Anda tidak perlu khawatir untuk memulai menggunakan, karena tidak harus menggunakan toko online yang hargannya relatif mahal. Anda bisa mencoba dulu menggunakan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Sosial Media Instagram

7.       Biaya Digital Marketing relatif murah

Seperti yang saya jelaskan di awal pembahasan, bahwa yang dibutuhkan pengusaha adalah marketing dengan menggunakan media digital. Setelah anda banyak mendapatkan keuntungan dari media digital, keuntungan selanjutnya adalah biaya marketingnya murah.

Digital marketing sendiri ada SEO, SEM, Sosial Media Ads, Endorse dan Paid Promote. Dan ini biaya iklannya jauh lebih murah dibandingkan beriklan di koran, majalah, pasang banner, atau di tv dan radio.

Jadi sebenarnya tergantung pada diri anda bagaimana cara anda memasarkan produk anda. Walalupun dalam kondisi apapun, selagi anda tidak menyerah dan selalu gigih pasti ada jalan. Semangat y buat pengusaha muda…
Dilihat 748 kali
Link