UPT PKK Universitas Negeri Padang

Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir & Kewirausahaan UNP
Friday, 29 Mar 2024

Kiat-Kiat Memilih Pekerjaan Sesuai Passion

Berita Umum | 28 September 2020 00:00 wib Saat ini untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai hati nyatanya juga butuh proses. Bisa dibilang tak semua orang beruntung menemukan pekerjaan sesuai passion-nya sejak awal. Ada yang baru pertama kali bertemu langsung jatuh cinta dengan pekerjaannya. Tapi ada juga yang harus melewati proses yang sangat panjang dan melelahkan. Hal ini bisa dikarenakan faktor kondisi, minat yang inheren alias terus berubah, juga keinginan untuk terus tumbuh dan mengeksplorasi.

Bagi kamu yang belum menemukan passion dalam mencari kerja, berikut ini empat tips yang dapat kamu lakukan agar dapat menemukan passion dalam pekerjaan

1.      Kenali Diri Sendiri

Hal pertama yang paling penting yang harus kamu lakukan adalah kenali diri kamu sendiri. Tanyakan pada diri kamu, pekerjaan apa yang kamu sukai dan apa yang membuat kamu tertarik untuk melakukannya.

Dan hal yang tak boleh terlewatkan oleh kamu Jangan lupa untuk mencari tahu keterampilan apa yang kamu miliki. Hal ini dapat membantu kamu dalam mengetahui lebih jauh tentang diri kamu sendiri.

2. Temukan apa yang disukai

Setiap orang memiliki ketertarikan terhadap sesuatu. Contohnya kamu tertarik mengenai teknologi, atau hal-hal lain yang merupakan ketertarikan bagi diri kamu sendiri. Agar lebih mudah buatlah daftar hal yang menarik bagi kamu.

Setelah kamu membuat daftarnya, maka saringlah beberapa hal yang kamu sukai dari banyaknya hal yang kamu sukai. Buatlah 5 atau 10 daftar hal yang menarik bagi kamu. Setelah mengetahui ketertarikan kamu, cari taulah perusahaan atau tempat kerja yang sesuai dengan passion kamu.

3. Jangan terpengaruh orang lain

Hal yang akan selalu kamu hadapi selanjutnya yaitu komentar orang lain. Orang-orang akan selalu memiliki opininya masing-masing terhadap apa yang kamu lakukan atau kerjakan. Orang-orang akan berkomentar yang bisa berupa dukungan maupun penolakan dengan apa yang kamu kerjakan.

Ketika seseorang meremehkan kesukaan kamu terhadap sesuatu hal, kamu mungkin jadi meragukan diri sendiri. Jadi hindari hal ini. Jangan pernah ragu dengan apa yang telah kamu pilih dan jangan terpengaruh dengan perkataan orang lain. Jadikan Perkataan orang lain sebagai motivasi kamu untuk menjadi lebih baik.

4. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Yang terakhir jangan pernah membandingkan diri kamu dengan orang lain. Kadang memang rumput tetangga lebih hijau daripada rumput milik kita. Namun, kamu harus selalu bersyukur dengan apa yang kamu miliki.

Kamu mungkin awalnya terpaksa mengambil pekerjaan karena terdesak faktor ekonomi dan menemukan dirimu terjebak dalam rutinitas dan tak menikmatinya. Tetaplah fokus pada diri sendiri, karena dengan begitu akan memudahkan kamu menemukan passion yang sesungguhnya.

Bekerja tidak sesuai dengan passion memang tidak sepenuhnya buruk. Tetapi kerja sesuai dengan passion merupakan hal yang menyenangkan karena pekerjaan yang paling menyenangkan adalah mengerjakan hobi kamu dan kamu dibayar atas pekerjaannya.

Selalu semangat ya teman-teman bagi kamu yang sudah bekerja ataupun yang masih mencari pekerjaan..
Dilihat 379 kali
Link