UPT PKK Universitas Negeri Padang

Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir & Kewirausahaan UNP
Wednesday, 24 Apr 2024

Beberapa Tips Agar Produktif Belajar Pada Saat Pandemi COVID-19

Berita Umum | 24 September 2020 16:27 wib Ditengah pandemi COVID-19 ini, kita diharuskan untuk melakukan physical distancing, agar memutus rantai penyebaran wabah virus corona ini. Dalam dunia pendidikan, pemerintah berupaya membasmi wabah ini, dengan diberlakukannya sistem belajar dari rumah. Akan tetapi bagi sebagian pelajar dan mahasiswa, kondisi belajar dari rumah merupakan hal baru yang tidak mereka duga sebelumnya dan hal ini memungkinkan pelajar menjadi tidak produktif karena tidak terbiasa.

Walaupun kita masih belajar dirumah hingga saat ini, dan kita ingin tetap produktif. Ada beberapa tips yang bisa kamu dilakukan supaya tetap produktif ditengah pandemi ini. Apa saja caranya mari disimak di bwah ini :


  • Persiapkan Peralatan dan Software
Hal pertama yang kamu lakukan untuk memulainya adalah, persiapkan peralatan untuk mendukung proses belajar anda seperti laptop, handphone, maupun headshet dan lain yang dirasa perlu. Oleh karena berlaku sistem online, tentunya perlu disiapkan juga softwarenya, bisa menggunakan aplikasi ZOOM, atau aplikasi video conference lainnya. nah yang perlu kamu perhatikan cari tempat yang nyaman dan terang supaya belajarnya fokus.



  • Menulis di Blog



Blog bisa menjadi pilihan tempat untuk menuangkan ide – ide kreatif lewat tulisan yang dapat memberikan informasi, inspirasi ataupun berbagi pengalaman pribadi. Selain itu menulis di blog bisa juga mendapatkan adsense dari google. Jadi belajar bukan hanya persoalan menerima apa yang kita pelajari tapi juga bisa sharing ilmu dan mendapatkan keuntungan dari apa yang kita bagikan.


  • Menonton Channel Youtube yang Inspiratif


Selanjutnya jika kamu bosan dengan kelas online. Kamu bisa diselingi dengan menonton youtube dari channel – channel yang inspiratif. Dengan menonton channel inspiratif tersebut, selain sebagai hiburan, juga sebagai inspirasi untuk semangat belajar kembali lagi. Tapi jangan lupa untuk mengerjakan tugasnya, supaya inspirasi dapat, tugas pun selesai.


  • Latihan Soal


Disaat kondisi seperti ini mulailah berlatih mengerjakan latihan soal, kamu bisa mengasah kemampuan dengan latihan soal yang diberikan oleh dosen ataupun kamu bisa mendownload di internet. Agar kamu tetap bisa mengembangkan skill kamu walaupun hanya di rumah. untuk mengerjakan latihan soalnya tidak hanya tertulis jika ada prakterknya bisa kamu cobakan langsung.


  • Meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill


Seperti yang di jelaskan diatas, memasuki dunia kerja tidak hanya mengandalkan IPK. IPK juga penting, tapi disamping itu ada yang hal yang penting untuk diperiapkan untuk menghadapi dunia kerja, salah satunya mempunyai Soft Skill dan Hard Skill. Jadi harus balance antara IPK dan kemampuan. Hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan adalah mengikuti seminar dan pelatihan. Ditengah pandemi ini tentunya dilakukan secara online,melalui berbagai banyak software – software yang bisa digunakan untuk video conferencing, sehingga tetap bisa mengikuti seminar maupun pelatihan.

Selamat mencoba ya teman-teman, semoga selalu diberikan kesehatan dan selalu menjadi produktif di saat pandemi ini.

Dilihat 459 kali
Link