Lowongan Kerja Bank Indonesia
Berita Umum | 09 Mei 2023 08:46 wib Bank Indonesia Merupakan bank sentral Republik Indonesia sesuai Pasal 23D Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia.Bank Indonesia Saat ini membuka lowongan kerja. Berikut informasi terkait posisi, persyaratan dan berkas lamaran yang dibutuhkan dalam mengajukan lowongan kerja tersebut :
AHLI FIKIH ISLAM
Kualifikasi :
- Usia maksimal 40 Tahun pada 6 Mei 2023.
- Pendidikan minimal S2 jurusan Ilmu Fikih Islam.
- Pengalaman minimal 4 Tahun di bidang perbankan, pasar modal, atau keuangan syariah.
- Memiliki pengalaman dalam menyusun kebijakan atau rekomendasi terkait produk/aktivitas keuangan syariah baik sektor keuangan komersial syariah atau sektor sosial syariah.
- Memiliki pengalaman dalam melakukan review pemenuhan aspek syariah terhadap suatu produk/transaksi keuangan syariah.
- Diutamakan pernah memiliki pengalaman di bidang perbankan, pasar modal, atau keuangan syariah termasuk lembaga konsultansi ekonomi/keuangan syariah.
- Menguasai ilmu fikih dalam bidang ibadat dan muamalat.
- Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Lebih diutamakan memiliki sertifikat TOAFL dan TOEFL/IELTS.
Uraian Jabatan :
- Menyusun rekomendasi terkait aspek syariah atas pengembangan instrumen/produk/kebijakan di bidang moneter, makroprudensial, pembayaran dan pengedaran uang serta pendalaman pasar keuangan syariah.
- Melakukan review pemenuhan aspek syariah pada kebijakan/ketentuan Bank Indonesia di bidang moneter, makroprudensial, sistem pembayaran dan pengedaran uang serta pendalaman pasar keuangan syariah.
- Memberikan pendapat dan opini atas pemenuhan prinsip syariah yang berkaitan dengan tugas dan wewenang BI terkait pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.
- Bertanggung jawab menyusun rekomendasi aspek syariah terhadap instrumen/produk/kebijakan di bidang moneter, makroprudensial, sistem pembayaran dan pengedaran uang serta pendalaman pasar keuangan syariah.
- Bertanggung jawab melakukan review pemenuhan aspek syariah pada kebijakan/ketentuan Bank Indonesia di bidang moneter, makroprudensial, sistem pembayaran dan pengedaran uang serta pendalaman pasar keuangan syariah, serta melakukan koordinasi dengan otoritas terkait.
- Bertanggung jawab melakukan kajian aspek syariah untuk pengembangan instrumen/produk/kebijakan di bidang moneter, makroprudensial, sistem pembayaran dan pengedaran uang serta pendalaman pasar keuangan syariah.
Kualifikasi :
- Usia maksimal 38 Tahun pada 6 Mei 2023.
- Pendidikan S3 jurusan Ilmu Ekonomi atau Keuangan.
- Pengalaman minimal 4 Tahun.
- Diutamakan berpengalaman di bidang sistem pembayaran (tunai/nontunai) dan/atau riset ekonomi.
- Diutamakan berpengalaman terkait Criptocurrency atau Central Bank Digital Currency (CBDC).
- Pernah melakukan publikasi minimal 3 artikel pada jurnal terindeks Scopus /Web Of Science untuk bidang riset sistem pembayaran dan riset ekonomi.
- Mempunyai kemampuan yang baik dalam hal/bidang:
- Teknis pengumpulan data baik data kuantitatif maupun kualitatif.
- Teknis pengolahan data dan dapat menggunakan software pengolahan data (al. SPSS, Matlab, Eviews).
- Teknis penulisan ilmiah.
- Teknis presentasi.
- Teknis pelaksanaan penelitian.
- Teknis pengajaran dan pembimbingan.
Mendukung proses pelaksanaan Riset Frontier di area Sistem Pembayaran & Pengelolaan Uang Rupiah untuk mewujudkan riset yang terkini sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
Tanggung Jawab :
- Menyusun dan memantau program kerja riset khususnya di topik Sistem Pembayaran & Pengelolaan Uang Rupiah.
- Melaksanakan riset di area Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah.
- Melakukan penyusunan hasil kegiatan riset dalam bentuk LHP/WP/OP/maupun laporan riset lainnya.
- Mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan publikasi hasil riset.
- Melaksanakan kegiatan diseminasi hasil riset kepada stakeholders internal dan eksternal.
- Melaksanakan kegiatan pengajaran dan pembimbingan.
Kualifikasi :
- Usia maksimal 38 Tahun pada 6 Mei 2023.
- Pendidikan S3 jurusan Ilmu Ekonomi atau Keuangan.
- Pengalaman minimal 4 Tahun.
- Diutamakan memiliki pengalaman di bidang Riset Ekonomi dan Riset Keuangan.
- Diprioritaskan berpengalaman terkait pada area green economy/green financing.
- Pernah melakukan publikasi minimal 3 artikel pada jurnal terindeks Scopus /Web Of Science untuk bidang riset ekonomi atau riset keuangan.
- Mempunyai kemampuan yang baik dalam hal/bidang:
- Teknis pengumpulan data baik data kuantitatif maupun kualitatif.
- Teknis pengolahan data dan dapat menggunakan software pengolahan data (al. SPSS, Matlab, Eviews).
- Teknis penulisan ilmiah.
- Teknis presentasi.
- Teknis pelaksanaan penelitian.
- Teknis pengajaran dan pembimbingan.
Uraian Jabatan :
Mendukung proses pelaksanaan Riset Frontier di area Sektor Riil untuk mewujudkan riset yang terkini sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
Tanggung Jawab :
- Menyusun dan memantau program kerja riset khususnya di topik Sektor Riil.
- Melaksanakan riset di area Sektor Riil.
- Melakukan penyusunan hasil kegiatan riset dalam bentuk LHP/WP/OP/maupun laporan riset lainnya.
- Mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan publikasi hasil riset.
- Melaksanakan kegiatan diseminasi hasil riset kepada stakeholders internal dan eksternal.
- Melaksanakan kegiatan pengajaran dan pembimbingan.
Kualifikasi :
- Usia maksimal 35 Tahun pada 6 Mei 2023.
- Pendidikan minimal S1 jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro.
- Pengalaman minimal 2 Tahun.
- Memiliki pengalaman sebagai DC/DRC Administrator.
- Berpengalaman melakukan pengelolaan Data Center/Disaster Recover Center dalam perusahaan skala sedang atau besar dan diutamakan untuk industri digital seperti banking, telco dan e-commerce.
- Memiliki pengetahuan dalam Infrastruktur Teknologi Informasi khususnya di bidang terkait DC dan DRC.
- Memiliki pengetahuan tentang penyusunan Disaster Recovery Plan dan pelaksanaan Disaster Recovery Test mencakup aplikasi, infrastruktur, dan facility.
- Memiliki kemampuan dalam pengelolaan dan pemeliharaan perangkat pendukung Data Center.
- Lebih diutamakan memiliki sertifikasi di bidang Data Center.
- Lebih diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik.
- Bersedia bekerja secara shift 24×7 dan ditempatkan di DC/DRC Bank Indonesia.
- Melakukan deployment perangkat server dan tools monitoring DRC.
- Mengoordinasikan operasional DRC.
- Mengoordinasikan kerjasama dukungan pengamanan dan DRC facility (mechanical, electrical) dengan Satker terkait.
- Mengoordinasikan penyusunan dan pengkinian dokumen operasional DRC.
- Mengoordinasikan pelaksanaan uji coba/simulasi Rencana Pemulihan TI (RPTI) pada DRC.
- Melakukan evaluasi untuk improvement operasional DRC.
- Terlaksananya deployment perangkat server dan tools monitoring DRC.
- Terlaksananya operasional DRC.
- Terlaksananya kerjasama dukungan pengamanan dan DRC facility (mechanical, electrical) dengan Satker terkait.
- Tersedianya dokumen pedoman operasional DRC.
- Terlaksananya uji coba/simulasi Rencana Pemulihan TI (RPTI).
- Terlaksananya evaluasi untuk improvement operasional DRC.
- Pelamar hanya dapat melamar melalui situs web https://ppm-rekrutmen.com/prohirebi2023 dengan mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada media lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.
- Pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi ini. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail milik orang lain dalam proses pendaftaran.
- Tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar.
- Untuk memudahkan registrasi online, persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen berikut:
- Pas foto terbaru – wajib;
- Scan identitas diri (KTP) asli – wajib;
- Scan ijazah asli atau fotokopi legalisir – wajib;
- Scan transkrip nilai asli atau fotokopi legalisir – wajib;
- Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) – dapat disusulkan;
- Scan sertifikat bahasa asing dan/atau sertifikat keahlian (sesuai persyaratan lowongan) – dapat disusulkan;
- Scan SK Penyetaraan Ijazah dan Surat Hasil Konversi IPK dari Ditjen Diktiristek (khusus bagi lulusan Luar Negeri) – dapat disusulkan;
- Data dan soft file pas foto berformat JPG dengan ukuran maksimal 100kb, untuk dokumen lainnya berformat PDF dengan ukuran maksimal 1000kb/1Mb.
- Batas akhir unggah dan submit dokumen yang dipersyaratkan sampai dengan tanggal 10 Mei 2023 Pk. 23:59 WIB.
- Pelamar wajib melakukan registrasi secara online dari tanggal 6 – 10 Mei 2023.
- Jadwal kegiatan dan tanggal pengumuman hasil seleksi setiap tahap dapat dilihat pada Jadwal dan Proses Seleksi.
Batas Lamaran : 10 Mei 2023
Perhatian :
Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan dari pihak Bank Indonesia. Jika ada indikasi yang mencurigakan dengan meminta transfer sejumlah uang dan iming-iming untuk dijanjikan lulus dalam proses seleksi