UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan

Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karier & Kewirausahaan UNP
Wednesday, 15 Jan 2025

Lowongan Kerja Bank Indonesia

Berita Umum | 09 Mei 2023 08:46 wib Bank Indonesia Merupakan bank sentral Republik Indonesia sesuai Pasal 23D Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia.

Bank Indonesia Saat ini membuka lowongan kerja. Berikut informasi terkait posisi, persyaratan dan berkas lamaran yang dibutuhkan dalam mengajukan lowongan kerja tersebut :

AHLI FIKIH ISLAM

Kualifikasi :

  • Usia maksimal 40 Tahun pada 6 Mei 2023.
  • Pendidikan minimal S2 jurusan Ilmu Fikih Islam.
  • Pengalaman minimal 4 Tahun di bidang perbankan, pasar modal, atau keuangan syariah.
  • Memiliki pengalaman dalam menyusun kebijakan atau rekomendasi terkait produk/aktivitas keuangan syariah baik sektor keuangan komersial syariah atau sektor sosial syariah.
  • Memiliki pengalaman dalam melakukan review pemenuhan aspek syariah terhadap suatu produk/transaksi keuangan syariah.
  • Diutamakan pernah memiliki pengalaman di bidang perbankan, pasar modal, atau keuangan syariah termasuk lembaga konsultansi ekonomi/keuangan syariah.
  • Menguasai ilmu fikih dalam bidang ibadat dan muamalat.
  • Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Lebih diutamakan memiliki sertifikat TOAFL dan TOEFL/IELTS.

Uraian Jabatan :

  • Menyusun rekomendasi terkait aspek syariah atas pengembangan instrumen/produk/kebijakan di bidang moneter, makroprudensial, pembayaran dan pengedaran uang serta pendalaman pasar keuangan syariah.
  • Melakukan review pemenuhan aspek syariah pada kebijakan/ketentuan Bank Indonesia di bidang moneter, makroprudensial, sistem pembayaran dan pengedaran uang serta pendalaman pasar keuangan syariah.
  • Memberikan pendapat dan opini atas pemenuhan prinsip syariah yang berkaitan dengan tugas dan wewenang BI terkait pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.
Tanggung Jawab :
  • Bertanggung jawab menyusun rekomendasi aspek syariah terhadap instrumen/produk/kebijakan di bidang moneter, makroprudensial, sistem pembayaran dan pengedaran uang serta pendalaman pasar keuangan syariah.
  • Bertanggung jawab melakukan review pemenuhan aspek syariah pada kebijakan/ketentuan Bank Indonesia di bidang moneter, makroprudensial, sistem pembayaran dan pengedaran uang serta pendalaman pasar keuangan syariah, serta melakukan koordinasi dengan otoritas terkait.
  • Bertanggung jawab melakukan kajian aspek syariah untuk pengembangan instrumen/produk/kebijakan di bidang moneter, makroprudensial, sistem pembayaran dan pengedaran uang serta pendalaman pasar keuangan syariah.
PENELITI SPESIALISASI SISTEM PEMBAYARAN DAN PENGELOLAAN UANG RUPIAH

Kualifikasi :

  • Usia maksimal 38 Tahun pada 6 Mei 2023.
  • Pendidikan S3 jurusan Ilmu Ekonomi atau Keuangan.
  • Pengalaman minimal 4 Tahun.
  • Diutamakan berpengalaman di bidang sistem pembayaran (tunai/nontunai) dan/atau riset ekonomi.
  • Diutamakan berpengalaman terkait Criptocurrency atau Central Bank Digital Currency (CBDC).
  • Pernah melakukan publikasi minimal 3 artikel pada jurnal terindeks Scopus /Web Of Science untuk bidang riset sistem pembayaran dan riset ekonomi.
  • Mempunyai kemampuan yang baik dalam hal/bidang:
  • Teknis pengumpulan data baik data kuantitatif maupun kualitatif.
  • Teknis pengolahan data dan dapat menggunakan software pengolahan data (al. SPSS, Matlab, Eviews).
  • Teknis penulisan ilmiah.
  • Teknis presentasi.
  • Teknis pelaksanaan penelitian.
  • Teknis pengajaran dan pembimbingan.
Uraian Jabatan :

Mendukung proses pelaksanaan Riset Frontier di area Sistem Pembayaran & Pengelolaan Uang Rupiah untuk mewujudkan riset yang terkini sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Tanggung Jawab :

  • Menyusun dan memantau program kerja riset khususnya di topik Sistem Pembayaran & Pengelolaan Uang Rupiah.
  • Melaksanakan riset di area Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah.
  • Melakukan penyusunan hasil kegiatan riset dalam bentuk LHP/WP/OP/maupun laporan riset lainnya.
  • Mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan publikasi hasil riset.
  • Melaksanakan kegiatan diseminasi hasil riset kepada stakeholders internal dan eksternal.
  • Melaksanakan kegiatan pengajaran dan pembimbingan.
PENELITI SPESIALISASI SEKTOR RIIL

Kualifikasi :

  • Usia maksimal 38 Tahun pada 6 Mei 2023.
  • Pendidikan S3 jurusan Ilmu Ekonomi atau Keuangan.
  • Pengalaman minimal 4 Tahun.
  • Diutamakan memiliki pengalaman di bidang Riset Ekonomi dan Riset Keuangan.
  • Diprioritaskan berpengalaman terkait pada area green economy/green financing.
  • Pernah melakukan publikasi minimal 3 artikel pada jurnal terindeks Scopus /Web Of Science untuk bidang riset ekonomi atau riset keuangan.
  • Mempunyai kemampuan yang baik dalam hal/bidang:
  • Teknis pengumpulan data baik data kuantitatif maupun kualitatif.
  • Teknis pengolahan data dan dapat menggunakan software pengolahan data (al. SPSS, Matlab, Eviews).
  • Teknis penulisan ilmiah.
  • Teknis presentasi.
  • Teknis pelaksanaan penelitian.
  • Teknis pengajaran dan pembimbingan.

Uraian Jabatan :

Mendukung proses pelaksanaan Riset Frontier di area Sektor Riil untuk mewujudkan riset yang terkini sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Tanggung Jawab :

  • Menyusun dan memantau program kerja riset khususnya di topik Sektor Riil.
  • Melaksanakan riset di area Sektor Riil.
  • Melakukan penyusunan hasil kegiatan riset dalam bentuk LHP/WP/OP/maupun laporan riset lainnya.
  • Mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan publikasi hasil riset.
  • Melaksanakan kegiatan diseminasi hasil riset kepada stakeholders internal dan eksternal.
  • Melaksanakan kegiatan pengajaran dan pembimbingan.
OPERASIONAL DISASTER RECOVERY CENTER (DRC)

Kualifikasi :

  • Usia maksimal 35 Tahun pada 6 Mei 2023.
  • Pendidikan minimal S1 jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro.
  • Pengalaman minimal 2 Tahun.
  • Memiliki pengalaman sebagai DC/DRC Administrator.
  • Berpengalaman melakukan pengelolaan Data Center/Disaster Recover Center dalam perusahaan skala sedang atau besar dan diutamakan untuk industri digital seperti banking, telco dan e-commerce.
  • Memiliki pengetahuan dalam Infrastruktur Teknologi Informasi khususnya di bidang terkait DC dan DRC.
  • Memiliki pengetahuan tentang penyusunan Disaster Recovery Plan dan pelaksanaan Disaster Recovery Test mencakup aplikasi, infrastruktur, dan facility.
  • Memiliki kemampuan dalam pengelolaan dan pemeliharaan perangkat pendukung Data Center.
  • Lebih diutamakan memiliki sertifikasi di bidang Data Center.
  • Lebih diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik.
  • Bersedia bekerja secara shift 24×7 dan ditempatkan di DC/DRC Bank Indonesia.
Uraian Jabatan :
  • Melakukan deployment perangkat server dan tools monitoring DRC.
  • Mengoordinasikan operasional DRC.
  • Mengoordinasikan kerjasama dukungan pengamanan dan DRC facility (mechanical, electrical) dengan Satker terkait.
  • Mengoordinasikan penyusunan dan pengkinian dokumen operasional DRC.
  • Mengoordinasikan pelaksanaan uji coba/simulasi Rencana Pemulihan TI (RPTI) pada DRC.
  • Melakukan evaluasi untuk improvement operasional DRC.
Tanggung Jawab :
  • Terlaksananya deployment perangkat server dan tools monitoring DRC.
  • Terlaksananya operasional DRC.
  • Terlaksananya kerjasama dukungan pengamanan dan DRC facility (mechanical, electrical) dengan Satker terkait.
  • Tersedianya dokumen pedoman operasional DRC.
  • Terlaksananya uji coba/simulasi Rencana Pemulihan TI (RPTI).
  • Terlaksananya evaluasi untuk improvement operasional DRC.
Tata Cara Melamar
  • Pelamar hanya dapat melamar melalui situs web https://ppm-rekrutmen.com/prohirebi2023 dengan mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada media lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.
  • Pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi ini. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail milik orang lain dalam proses pendaftaran.
  • Tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar.
  • Untuk memudahkan registrasi online, persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen berikut:
  • Pas foto terbaru – wajib;
  • Scan identitas diri (KTP) asli – wajib;
  • Scan ijazah asli atau fotokopi legalisir – wajib;
  • Scan transkrip nilai asli atau fotokopi legalisir – wajib;
  • Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) – dapat disusulkan;
  • Scan sertifikat bahasa asing dan/atau sertifikat keahlian (sesuai persyaratan lowongan) – dapat disusulkan;
  • Scan SK Penyetaraan Ijazah dan Surat Hasil Konversi IPK dari Ditjen Diktiristek (khusus bagi lulusan Luar Negeri) – dapat disusulkan;
  • Data dan soft file pas foto berformat JPG dengan ukuran maksimal 100kb, untuk dokumen lainnya berformat PDF dengan ukuran maksimal 1000kb/1Mb.
  • Batas akhir unggah dan submit dokumen yang dipersyaratkan sampai dengan tanggal 10 Mei 2023 Pk. 23:59 WIB.
  • Pelamar wajib melakukan registrasi secara online dari tanggal 6 – 10 Mei 2023.
  • Jadwal kegiatan dan tanggal pengumuman hasil seleksi setiap tahap dapat dilihat pada Jadwal dan Proses Seleksi.
Bagi yang tertarik dengan lowongan kerja Bank Indonesia. Silahkan daftar secara online langsung klik pada tombol daftar di bawah ini :

Daftar Disini

Batas Lamaran : 10 Mei 2023


Perhatian :

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan dari pihak Bank Indonesia. Jika ada indikasi yang mencurigakan dengan meminta transfer sejumlah uang dan iming-iming untuk dijanjikan lulus dalam proses seleksi

Dilihat 1090 kali
Link